Kamis, 03 Oktober 2013

TUGAS SIMULASI DIGITAL " TENTANG PENGERTIAN EDMODO "



Pengertian Edmodo

Pengertian Edmodo (www.edmodo.com) Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan, acara, dan tugas untuk siswa dan dapat memutuskan untuk mengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat dilihat publik.

Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun untuk orang tua/wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada. Edmodo dibuat sebagai sebuah platform pembelajaran jejaring sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan orang tua/wali.
Edmodo dirancang untuk membuat siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.
Pada Edmodo, guru/dosen berada di tengah-tengah jaringan yang kuat yang menghubungkan guru/dosen kepada siswa/mahasiswa, administrator, orang tua/wali, dan penerbit/buku. Jaringan ini merupakan permukaan sumber daya terbaik di dunia dan alat-alat, yang menyediakan blok bangunan pendidikan yang berkualitas tinggi.
Edmodo memudahkan untuk melacak kemajuan siswa/mahasiswa. Semua nilai dan rencana belajar ditugaskan atau diberikan melalui Edmodo disimpan dan mudah diakses. Guru/dosen bisa mendapatkan masukan dari ruang kelas melalui reaksi siswa/mahasiswa untuk kuis, tugas, dan posting diskusi yang menangkap pemahaman, kebingungan, atau kefrustrasian siswa/mahasiswa.
Permukaan Edmodo yang menarik, mudah menggunakan aplikasi yang personalisasi pembelajaran untuk setiap siswa/mahasiswa. Aplikasi ini membantu guru/dosen untuk memperkuat rencana pelajaran/perkuliahan mereka dengan mengintegrasikan dengan Edmodo, yang memberikan semua konten digital dalam satu tempat.
Edmodo menggunakan desain yang mirip dengan Facebook, dan menyediakan guru/dosen dan siswa/mahasiswa tempat yang aman untuk menghubungkan, berkolaborasi dan berbagi konten. Guru/dosen juga dapat mengirim nilai, tugas dan kuis untuk siswa/mahasiswa. Siswa/mahasiswa dapat mengajukan pekerjaan rumah dan melihat nilai-nilai mereka dan komentar guru/dosen mungkin telah diposting tentang tugas mereka. Guru/dosen juga dapat membuat jajak pendapat dan topik posting untuk diskusi di kalangan siswa/mahasiswa. Guru/dosen dapat membedakan dan menciptakan belajar mandiri melalui penciptaan sub-kelompok dalam kursus. Setelah setiap periode kursus selesai, guru/dosen menutup keluar jaringan dan menciptakan yang baru untuk kursus berikutnya.
Seiring dengan skenario pembelajaran yang tercantum di atas, pendidikan situs jejaring sosial, seperti Edmodo, menawarkan kesempatan unik untuk terhubung dengan siswa dan membantu mereka menciptakan norma-norma dan merefleksikan bagaimana tindakan online yang berbeda akan diinterpretasikan. Edmodo menawarkan pendidik mempunyai kesempatan untuk memulai dialog yang memenuhi siswa/mahasiswa dengan pengalaman mereka untuk memeriksa secara kritis penggunaan jaringan sosial dan etis penggunaan media dan format online.
Dalam upaya untuk mencegah orang luar bergabung dengan jaringan sekolah/kampus, Edmodo menyediakan kode khusus untuk sekolah/kampus dan kelas. Kode-kode ini diberikan kepada siswa/mahasiswa dan diperlukan untuk bergabung dengan kelompok. Perusahaan ini baru-baru ini meningkatkan keamanan layanan Edmodo dengan menerapkan perlindungan injeksi SQL untuk mencegah akses tidak sah ke sumber daya website dan database.
Edmodo menyediakan 4 pilihan fitur untuk mendaftar:
1. I’m a Teacher : untuk guru
2. I’m a Student : untuk murid
3. I’m a Parent : untuk orang tua
4. School&District : untuk menghubungkan sekolah kita ke Edmodo

Cara Menggunakan Edmodo untuk Siswa

Pertama membuat akun di Edmodo terlebih dahulu, kunjungi www.edmodo.com lalu pilih tombol “I’m a Student" 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmer12jV_IECwoymv_ZW3iE2aaVpZiNRKVb2P2I6_Mzx7IMwkrFuIIWxVLxvXc9ejiPp-f6jY3WbHOa8xPcvka_tj4GR7velAXitR5wJrsFNv3amHwpW6766id6M0KO9yrmmbupbip6T0/s400/klik+im+student+copy.jpg


Sebelum siswa mendaftar dan mendapatkan akun di Edmodo, mereka harus dibekali atau mempunyai 6 digit kode grup (dapat grup berupa kelas atau mata pelajaran) dari guru mereka.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7R5LEQH-N8lvcx0XcH-Np9fN3ERDrsnxKbYBIWSSTnG0PQzrNR2npRJM2uoc3T8Rbtxg8HjyzBMeqJVwBz3N9isHZ2oGk7GhOCJtITbWTDnHpJUBaRcX2J6JlByxn2DuQwjTq-yOtV5A/s400/sign+up+edmodo.jpg

Isi semua data : firstname dan last name, siswa harus mengisikan nama mereka yang sesungguhnya. Dalam pendaftaran sebagai siswa harus ingat username danpassword. Setelah semua baris telah diisi, ingat untuk klik atau centang kotak You and your parent agree to our Terms of Service and our Privacy Policy. Lalu pilih tombol “sign up” sehingga pendaftaran dapat diproses.

Pengaturan account
Dari halaman pengaturan akun, Anda dapat mengatur untuk informasi profil, memasang dan mengganti foto.  Untuk pengaturan Klik Me sudut kanan atas, Dalam menu tersebut silahkan pilih “Setting”. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzje4BJq5oSOySP9Ve6YUb-pBrRQDprPEh5xPT8NwscQQ7MRAd0K_zNmoZGgpGtaer6ztKVo-fHJOgQWtiD-X2U9anZE-3g6304PTQE6tlawvGxzrduFAkJDZW3O0EbES9zrIbLDoQecQ/s400/klik+setting+edmodo.jpg
Di halaman ini Anda dapat melakukan berbagai hal diantaranya adalah:
1. Mengubah foto profil  Anda dapat memilih untuk mengunggah foto dari komputer pribadi atau menggunakan icon yang telah disediakan.
2. Mengubah informasi pribadi  Anda dapat menambahkan ataumengubah nama beserta alamat email.
3. Anda dapat mengubah kata sandi (password)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgimujS86iBDnzcCN97VX6ErIYqfmM8i69cwBu1Hfd4xYyj-Sq4EqqFrFiHSCCOuIiYaBK_SElIYI2rANl3vaMz-2M4W_XJJvdILRSNAXpHnsKKmhyphenhyphenOdNFpC78g5_bu9ZNpw5alWwZqhBY/s400/upload+foto+profil+edmodo.jpg
5. Menentukan notifikasi  pilih menu drop down notifikasi untuk menentukan mode notifikasi. Terdapat tiga pilihan yaitu tanpa notifikasi,  notifikasi melalui email atau SMS/teks. Jika Anda memilih notifikasi melalui email, artinya setiap pembaharuan aktivitas yang ada di akun Edmodo Anda akan diberitahukan melalui email. Jika Anda memilih notifikasi melalui teks, maka pemberitahuan akan dikirimkan melalui SMS ke HP Anda. Namun dalam hal ini baru penyedia layanan selular di wilayah Amerika saja yang baru bisa sedangkan di Indonesia belum. Untuk itu jika Anda memilih ingin adanya pemberitahuan, maka pilihlah
notifikasi melalui email.
6. Tipe notifikasi : Anda dapat memilih tipe pemberitahuan yang akanditerima dengan cara member tanda centang di kotak terhadap satu atau beberapa pilihan diantaranya:
·         Alerts : setiap ada tanda atau indikasi peringatan
·         Notes : setiap ada anggota dari kelas Anda yang mengirimkan notes
·         Direct message: setiap ada anggota dari kelas Anda yang mengirimkan pesan pribadi
·         Replies:  setiap ada anggota kelas yang membalas notes dari anggota lainnya.
·         New group members : setiap ada anggota baru di kelas Anda o Group join request _ setiap ada permintaan untuk bergabung di grup kelas/mata pelajaran/kelompok kerja yang ada di edmodo Anda.

Membaca Modul Pelajaran
Untuk dapat melihat modul bahan bacaan, power point, video ataupun materi lainnya. Klik group anda.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjWX7BBknvwlcQS4oyIKRUZuDzwPcINcQN64CgTVq2PdWmYWD2Cp0zcbVfyjXsaPXqqyakw30gSaGCGDZgYWJxmUSh6AVHUsnoPCfk4sON6K-YxhbxYHfj66oZVAvqEjMHQh-lQvfVoP1w/s400/edmodo+klik+grop.jpg


Setelah masuk, lalu klik folder
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtbUbCMVa1npRpUcKpyJ2UNfsgAg4zRfts_630qxdCiuAHNJ6HigJ0rMZA1Rs90A2Lue_6F1-Jj1TCfxeiITJ9675r08FuJTZrSdvQQLw2MMM92Dq_EqJnuLDc-3_3AzvLJ81my4P5ZNw/s400/edmodo+klik+folder.jpg

Setelah klik pilih materi yang ingin dibaca atau dipelajari

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjz9A0bo6BsB-29kDlTvtxo1wCC-2QsbiSSUvudTr57lN98B4QLWn9t7DftDdfx39UE2sS_QJflqcvcbY2fD6Ra8R6lSg1gzXX2Aq_B_QnB7VbDGCeCOtNKJJ6NZ0RtulXSYbGGfYWr6pU/s400/edmodo+pilih+materi.jpg

Anda bisa mendownload materi dan menyimpannya di komputer atau anda bisa langsung melihatnya di komputer tanpa menyimpannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVeXkYe8aVSwoKgU3x0OK_zId0zl5WKl91HUcjhy5tdz86TIvN7R-AX_hrJvGZLRPAsFWNwOlOsqG4TrW3yfSKJB1MN5LBL3cp3Rr6Tla3bh9-sbx-mm4xz1L2chkztg_09EXGHjUWVZc/s400/edmodo+lihat+materi.jpg

Untuk melihat tugas atau kuis yang diberikan, silahkan klik Filter post by. Lalu disana Anda bisa memilih assigement/Tugas dan quizez untuk kuis.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxSgV6zLJeoHGU7f1QaPNBsO2pv8MWkeYeHWmOmAscGe07JYE1DrQu9z2Qn2ESJb-52Rj55Qp6OCp_E6Ld1QI2aBnda_OI2C0aXh3VZ72Wqfcy12ge6Mw77kvfSbWrunbqSI1IBz4DlMo/s400/edmodo+lihat+tugas.jpg

Bila anda sudah selesai mengerjakan tugas dan telah menyimpannya dalam bentuk documen dan siap untuk turn in, maka klik file dan upload. (harap diingat dimana nama file dan tempat anda menyimpan document nya)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTc2oJayaO_LZCQ_Ddnb6f9njzbzukIzsN4wtzgE4s7FS_Dpq5P2WWsU4j_dkWGvczJTnEOry5sruMTFcO2RXdMQOI81KykhOBJBs98iOn3fvWOTsW1LCxdCdnAr5Ut4tXyEtLhK8sBko/s400/edmodo+turn+in+all.jpg

Bila anda sudah memasukan tugas dalam bentuk file akan terlihat :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8YxYIg8_STGml1zOQPqTIGbUnSbCiihXBQvNs4FcJBA4vW1ljyNyqINCouYHLdWWbE4pKe-DYEGZpBsbti72d08D_TncCmvK4HRB_18dDw21Wp8MTN0JYXonBmyV78A-FSVyttnYh69w/s400/edmodo+tugas+file.jpg

Bila anda memasukan tugas dalam bentuk link akan terlihat seperti ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhkFVmFud1hZFwl82upbEM7tQqiGz4c_fdekP-U14ZoAFcek3xpYu4V4dfwSZ0_4nMOhp20OR7KChs-NTRC540c6u5FSlzP0QQIfLzDPZtkcuEEfR0dKpJwZwcCimuJiSpKD02bF4h2GKo/s400/edmodo+tugas+link.jpg

Blia anda mengerjakan Quizes atau kuis. Harap diingat bahwa pengerjaan kuis ini ada tenggang waktunya. Jadi begitu sekali buka sudah dihitung waktunya. Oleh karena itu siapkan diri anda dengan baik sebelum membuka kuis.

Menggunakan Smartphone
Turn in Menggunakan Smartphone : tugas sebaiknya disimpan terlebih dahulu di Dropbox (Instal dan aktifkan dropbox) setelah itu klik file dan pilih file di dropboa dan setelah itu submit
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj3kq32l1sGcKbnMbo5akM7VViT3STjQpcwSaIbd6MYmcBoqK80CqirzSqsDVBv22jIKQqXPMAgO7Og6FdFP0r7g3SNZDWJ_Lmp3SXX2j0b_mJ1vQKb1Y5vMIt0n1A5xmL7quDSqBP0Eh4/s400/Turn+in+Edmodo+lewat+HP.jpg

Kelebihan & Kekurangan EDMODO


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhDyYzNZYaX-GMbeJX3Hxcz8tZFe92y4CA9h8UFQU0kyMAHRQGSaShqnd9o75dNyqQBsudnPTolaEfSJSVE00vWgBshqYH8e4jrUS7oyH9FAM6nOG87GB18eNR4zN3Y2ZX5cM1-DZ2oPCI/s1600/plus-minus-edmodo.jpg
Hasil diklat media ajar berbasis digital selama tiga hari, mendapatkan ilmu tentang penggunaan media sosial berorientasi pendidikan yaitu EDMODO. Merupakan social network yang memiliki fitur untuk mendukung pembelajaran. Seperti halnya social network lain, akun Edmodo dapat diperoleh tanpa berbayar dengan mengakses www.edmodo.com. Hanya saja, Edmodo didesain untuk penggunaan pembelajaran dan berbasis sekolah. Hal ini terlihat jelas pada tampilan halaman awal Edmodo, akan terlihat bahwa login pengguna dibedakan apakah user adalah guru, siswa, atau orang tua siswa. Beberapa fitur yang terdapat pada Learning Management System (LMS) untuk mendukung e-learning seperti penugasan, kuis dan penilaian pun terdapat diEdmodo.
Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Edmodo
Kelebihan;
  1. User Interface.  Mengadaptasi tampilan seperti facebook, secara sederhana edmodo relatif mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
  2. Compatibility. Edmodo mendukung preview berbagai jenis format file seperti: pdf, pptx, html, swf dan sebagainya
  3. Aplikasi. Edmodo tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan PC (laptop / desktop) tetapi juga bisa diakses dengan menggunakan gadget berbasis Android OS.
Kekurangan;
  1. Social Media. Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing). Lagipula orang Indonesia lebih familiar mengetikkan kata facebook.com ketimbang edmodo.com
  2. Languange. Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.
  3. Video Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.
Kesimpulan
Edmodo merupakan platform media sosial yang sering digambarkan sebagai facebook buat sekolah. Berfungsi untuk memberikan peringatan, tugas, penilaian, poling dan agenda yang diberikan kepada siswa. Adapun fitur dari edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh guru adalah Assigment, File and Liks, Quiz, polling, Gradebook, Library, Awards Badges, dan Parents Codec. Aplikasi ini memerlukan jaringan internet yang menyeluruh dan aktif. Selain itu, memerlukan kesadaran pelajar untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran.

CONTOH LAPORAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING



SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN
A.      Judul / Spesifikasi Layanan                             : Rokok
B.      Bidang Bimbingan                                          : Pribadi
C.      Jenis Layanan                                                  : Informasi
D.      Fungsi Layanan                                              : Pemahaman dan Pencegahan
E.      Tujuan Layanan                                               : 1. Siswa memahami baha Rokok bagi kesehatan.
              2. Tercegahnya siswa dari merokok.
F.       Hasil yang diharapkan                                                : Siswa memiliki komitmen untuk tidak merokok.
G.     Sasaran Layanan                                             : VII
H.     Uraian kegiatan dan materi layanan
a.      Pendahuluan
·      Guru Pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu “Rokok“
·      Siswa diminta menceritakan pengetahuannya tentang rokok.
b.      Kegiatan Inti
·      Guru Pembimbing menunjukkan dan menjelaskan poster tentang bahan kimia yang terkandung di dalam rokok
·      Guru Pembimbing memberikan pengertian tentang penyakit – penyakit akibat rokok
c.       Penutup
·      Bersama siswa menyimpulkan tentang bahaya merokok.
·      Guru pembimbing member saran pada siswa agar tidak merokok dan menjauhi orang yang sedang merokok.
·      Siswa diminta membuat komitmen tentang sikapnya terhadap rokok.
I.        Metode                                                                       : Ceramah, Tanya jawab, demonstrasi, tugas
J.        Tempat Penyelenggaraan layanan                             :
K.      Waktu / Tanggal                                                         :
L.       Semester / Tahun                                                       :
M.   Penyelenggaraan Layanan                                         :
N.     Pihak – pihak yang disertakan dlm Penye
lenggaraan layanan & peranan  masing- masing      :
O.     Alat dan perlengkapan yang digunakan                     : Poster tentang ; kandungan zat kimia
   dalam rokok
P.      Rendana penilaian                                                      :
a.      Laiseg
Diminta membuat komitmen tentang sikapnya terhadp rokok. Dari 30 siswa, 29 siswa sepakat untuk tidak merokok dan menjauhi orang yang sedang merokok, sedang 1 siswa menyatakan akan menjauhi rokok )
b.      Laijapen
Terhadap 1 siswa yang akan berusaha menjauhi rokok, diadakan wawancara 1 minggu kemudian
c.       Laijapang                                                        : Diadakan pengamatan terhadap siswa.
Q.     Biaya                                                                           : Rp. 5. 000,- ( untuk pengadaan poster)
R.      Tindak lanjut                                                               : Bila ditemukan siswa masih merokok,
  diberi layanan konseling
S.       Keterkaitan layanan ini dengan layanan kegiatan
Pendukung                                                                  : DCM dan lembar pengamatan.
T.      Catatan Khusus                                                           :
1.      saat perose layanan ada siswa yang ditengarai sebagai perokok berat.
2.      Dll

Mengetahui
Kepala Mts Al Bidayah                                          Guru Pembimbing



Fitriya Agustina, S.Pd.                                           Randiyem sumarni, S.Pd.


SATUAN KEGIATAN PENDUKUNG
APLIKASI INSTRUMENTASI
A.      Judul / Spesifikasi Kegiatan                            : ……………………………………………………………….
B.      Bidang Bimbingan                                          : ……………………………………………………………….
C.      Jenis Kegiatan                                                 : ……………………………………………………………….
D.     Fungsi Kegiatan                                               : ……………………………………………………………….
E.      Tujuan Kegiatan / hasil yang ingin dicapai    : ……………………………………………………………….
  ……………………………………………………………….
F.       Sasaran Kegiatan                                            : ……………………………………………………………….
G.     Uraian tentang instrument
1.      Nama Instrumen                                 : ……………………………………………………………….
2.      Jenis Instrumen                                   : ……………………………………………………………….
3.      Penyusunan Instrumen                       : ……………………………………………………………….
4.      Pokok – pokok isi instrument              : ……………………………………………………………….
  ……………………………………………………………….
5.      Pola Pengerjaan soal                          : ……………………………………………………………….
6.      Pola pengadministrasian                    : ……………………………………………………………….
H.     Tempat Penyelenggaraan Kegiatan               : ……………………………………………………………….
I.        Waktu / Tanggal                                             : ……………………………………………………………….
J.        Semester / Tahun                                           : ……………………………………………………………….
K.      Penyelenggaraan Kegiatan                             : ……………………………………………………………….
L.       Pengelola dan Interpretasi hasil
1.      Siapa mengolah                                  : ……………………………………………………………….
2.      Siapa menginterpretasi                      : ……………………………………………………………….
M.   Penggunaan Hasil                                           : ……………………………………………………………….
1.      Digunakan terhadap siapa                  : ……………………………………………………………….
2.      Digunakan dalam layanan Bk apa      : ……………………………………………………………….
  ……………………………………………………………….
3.      Siapa menggunakan                           : ……………………………………………………………….
4.      Kapan digunakan                                : ……………………………………………………………….
5.      Dimana digunakan                              : ……………………………………………………………….
N.     Rencana penilaian dan tindak lanjut kegiatan :
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
O.     Keterkaitan kegiatan ini dengan layanan / kegiatan pendukung lain :
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
P.      Biaya                                                               : ……………………………………………………………….
Q.     Catatan khusus                                                : ……………………………………………………………….
  ……………………………………………………………….

Mengetahui                                                                …………………………………………
Kepala MTs Al Bidayah                                               Guru Pembimbing


Fitriya Agustina, S.Pd.                                                 Randiyem Sumarni, S.Pd.

SATUAN KEGIATAN PENDUKUNG
APLIKASI INSTRUMENTASI
A.      Judul / Spesifikasi Kegiatan                            : ……………………………………………………………….
B.      Bidang Bimbingan                                          : ……………………………………………………………….
C.      Jenis Kegiatan                                                 : ……………………………………………………………….
D.     Fungsi Kegiatan                                               : ……………………………………………………………….
E.      Tujuan Kegiatan / hasil yang ingin dicapai    : ……………………………………………………………….
  ……………………………………………………………….
F.       Sasaran Kegiatan                                            : ……………………………………………………………….
G.     Gambaran ringkas masalah
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
H.     Tempat yang dikunjungi (alamat)                  : ……………………………………………………………….
I.        Waktu  / Tanggal                                            : ……………………………………………………………….
J.        Semester / Tahun                                           : ……………………………………………………………….
K.      Petugas yang mengunjungi                            : ……………………………………………………………….
L.       Anggota keluarga yang akan dikunjungi dan apa yang diharapkan dari mereka masing-
masing :
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
M.   Bahan dan keterangan yang dibawa dalam kunjungan :
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
N.     Penggunaan hasil kunjungan :
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
O.     Rencana penilaian dan tindak lanjut kegiatan ……………………………………………………………….………………………………………………………………………
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
P.      Biaya                                                               : ……………………………………………………………….
Q.     Keterkaitan Kegiatan ini dengan layanan / kegiatan pendukung lain :
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
R.      Catatan khusus                                                :
……………………………………………………………….………………………………………………………………………
……………………………………………………………….………………………………………………………………………

Mengetahui                                                                …………………………………………
Kepala MTs Al Bidayah                                               Guru Pembimbing


Fitriya Agustina, S.Pd.                                                 Randiyem Sumarni, S.Pd.


Mengetahui                                                                …………………………………………
Kepala MTs Al Bidayah                                               Guru Pembimbing


Fitriya Agustina, S.Pd.                                                 Randiyem Sumarni, S.Pd.


Mengetahui                                                                …………………………………………
Kepala MTs Al Bidayah                                               Guru Pembimbing


Fitriya Agustina, S.Pd.                                                 Randiyem Sumarni, S.Pd.


Mengetahui                                                                …………………………………………
Kepala MTs Al Bidayah                                               Guru Pembimbing


Fitriya Agustina, S.Pd.                                                 Randiyem Sumarni, S.Pd.

Mengetahui                                                                …………………………………………
Kepala MTs Al Bidayah                                               Guru Pembimbing


Fitriya Agustina, S.Pd.                                                 Randiyem Sumarni, S.Pd.

Mengetahui                                                                …………………………………………
Kepala MTs Al Bidayah                                               Guru Pembimbing


Fitriya Agustina, S.Pd.                                                 Randiyem Sumarni, S.Pd.

Mengetahui                                                                …………………………………………
Kepala MTs Al Bidayah                                               Guru Pembimbing


Fitriya Agustina, S.Pd.                                                 Randiyem Sumarni, S.Pd.