Sabtu, 10 Mei 2014


LAPORAN ON THE JOB TRAINING
PENGARUH KEDISIPLINAN ROOM ATTENDANT TERHADAP KINERJA
DI HOUSEKEEPING DEPARTMENT
Dalam rangka
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
DI GRAND WAHID HOTEL SALATIGA



 







                                                                                                                           




Oleh:
NAMA                                                    : YENI ERAWATI
NIS                                                          : 7950
PROGRAM STUDI KEAHLIAN                     : PARIWISATA
KOMPETENSI KEAHLIAN                : AKOMODASI PERHOTELAN


PEMERINTAH KABUPATEN SEMARANG
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BAWEN
Jl. Kartini No. 119 Bawen Kab. Semarang Telp./Fax (0298) 591284
TAHUN 2014
LAPORAN ON THE JOB TRAINING
PENGARUH KEDISIPLINAN ROOM ATTENDANT TERHADAP KINERJA
DI HOUSEKEEPING DEPARTMENT
Dalam rangka
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
DI GRAND WAHID HOTEL SALATIGA


OLEH
NAMA                                                : YENI ERAWATI
NIS                                                     : 7950
PROGRAM STUDI KEAHLIAN    : PARIWISATA
KOMPETENSI KEAHLIAN            : AKOMODASI PERHOTELAN

Disusun Guna Melengkapi Syarat-Syarat
Dalam Mengikuti Ujian Sekolah/Nasional
Tahun Pelajaran 2014/2015

Tanggal disetujui :
Tanggal diterima :

Mengetahui    

HRD Manager

                

                                              Pembimbing




Elisabeth Ong




                                               Suparlan





LAPORAN ON THE JOB TRAINING
PENGARUH KEDISIPLINAN ROOM ATTENDANT TERHADAP KINERJA
DI HOUSEKEEPING DEPARTMENT
Dalam rangka
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
DI GRAND WAHID HOTEL SALATIGA

OLEH
NAMA                                                : YENI ERAWATI
NIS                                                     : 7950
PROGRAM STUDI KEAHLIAN    : PARIWISATA
KOMPETENSI KEAHLIAN            : AKOMODASI PERHOTELAN

Disusun Guna Melengkapi Syarat-Syarat
Dalam Mengikuti Ujian Sekolah/Nasional
Tahun Pelajaran 2014/2015
Tanggal disetujui :
Tanggal diterima :
Ketua Program Studi Keahlian                                                           Guru Pembimbing

Suyanto, SP. MM.                                                                              Eka Wahyu S,SE
NIP. 19560316 198803 1 002                                                                       
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                   Waka Humas/HI

Jumeri, STP. M. Si                                                                 R. Widodo pramukanto,SPD KN.MM
NIP. 19630510 1985031 019                                                            NIP. 19660814 199003 1 004


MOTTO

1.      Selalu menjadi orang yang optimis, bahwa kehidupan ini penuh dengan kesempatan dan peluang untuk meraih kesuksesan.
2.      Menghargai waktu dan selalu disiplin dalam berbagai hal.
3.      Berusaha menjadi manusia teladan yaitu manusia yang mampu ditiru orang lain.
4.      Menjadi orang yang selalu jujur dalam segala hal.
5        Berusaha dapat menjalin hubungan kerjasama yang baik dalam pekerjaan.
6        Tiada hari tanpa senyuman.
7        Menjadi orang penting itu baik tetapi lebih penting menjadi orang baik.


PERSEMBAHAN

Laporan ini dipersembahkan kepada :
1.      Kedua Orang Tua dan keluarga yang selalu memberi semangat dan dorongan.
2.  Teman – teman tercinta.
3.  Pembaca yang budiman















KATA PENGANTAR
            Puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan karunia dan rahmat-Nya sehingga penyusunan Laporan On The Job Training ini dapat diselesaikan dengan baik tanpa ada halangan suatu apapun.
            Pada kesempatan ini penyusun berterima kasih kepada :
1.      Bapak Jumeri , STP, M. Si, selaku Kepala Sekolah SMK N 1 Bawen.
2.      Bapak Suyanto, SP, MM, selaku Ketua Program Studi Keahlian Pariwasata.
3.      Ibu Eka Wahyu S,SE selaku pembimbing.
4.      Bapak Sugiyono Husodo, selaku Owner Grand Wahid Hotel Salatiga.
5.      Ibu Elisabeth Ong, selaku HRD Manager Grand Wahid Hotel Salatiga.
6.      Para staff dan karyawan Grand Wahid Hotel Salatiga.
            Adapun tujuan dari pembuatan laporan On The Job Training ini mudah-mudahan bisa menambah kepustakaan dan pengetahuan dalam bidang perhotelan khususnya dalam Housekeeping Departement. Dengan terselesaikannya kegiatan ini penulis ingin menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak manejemen Grand Wahid Hotel Salatiga dan seluruh pimpinan dan staf/karyawan yang telah ikut terlibat dalam membimbing dan membantu kelanjutan, kelancaran dalam melaksanakan pembuatan laporan On The Job Training.





Bawen, Nopember 2013

Penyusun





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .............................................................................................................i
HALAMAN PENGESAHAN DU/DI ……...........................................................................ii
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH ……...................................................................iii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN ........................................................................................iv
KATA PENGANTAR ...........................................................................................................v
DAFTAR ISI .........................................................................................................................vi
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang .....................................................................................................1
B.     Tujuan On The Job Training ................................................................................5
C.     Hasil Yang Diharapkan ........................................................................................5
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A.    Pengertian Kedisiplinan .......................................................................................6
B.     Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kedisiplinan Kerja......................................6
C.     Pengertian Roon Attendant ……………...…………………………………...…7
D.    Pengertian Kinerja …………………….…………….......…….......………….....7
E.     Pengertian Housekeeping ………………………………………..……………...8
F.      Pengertian room Boy dan Room Maid .................................................................8
G.    Tugas dan Tanggung Jawab Room Boy/Room Maid ............……..…....……....8
BAB III PELAKSANAAN
A.    WaktuPelaksanaan …..……….......................................................................... 9
B.     Tempat dan Skala Produksi ............................................................................... 9
C.     Sistem Pelaksanaan ............................................................................................ 9
D.    Prosedur/Skema Proses Produksi .......................................................................10
BAB IV PEMBAHASAN
A.    Dasar teori …………………..............................................................................11
B.     Proses Pelaksanaan …….....................................................................................12
C.     Struktur Organisasi ……………………….........................................................16
D.    Analisa …………………………............…........................................................17
E.     Factor pendukung\faktor penghambat…….........................................................19
BAB V PENUTUP
A.    Kesimpulan ……………………………………………………………………20
B.     Saran ..................................................................................................................20
Daftar Pustaka
Lampiran-lampiran

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
 Hotel adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang jasa yang dikelola secara komersial. Di mana hotel itu menyediakan penginapan serta fasilitas penunjang lainnya.
Indonesia merupakan Negara yang memiliki objek wisata sehingga banyak wisatawan asing ataupun local datang untuk berliburan atau urusan bisnis. Agar para wisatawan merasakan kenyamanan yang ada di Indonesiamaka pemerintah menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.
Seperti kita ketahui bahwa dari tahum ke tahun dunia pariwisata terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dunia pariwisata merupakan sumber pendapatan yang sangat penting bagi Negara. Dalam dunia pariwisata akomodasi memegang peranan penting untuk menunjang suksesnya pariwisata. Oleh sebab itu, pemerintah harus memperhatikan peluang sector akomodasi khususnya hotel berbintang dan internasional.
Dengan bertambahnya hotel dibangun di Negara Indonesia maka bertambah pula siswa yang mengikuti pendidikan perhotelan. Untuk itu SMK N 1 Bawen membuka jurusan Akomodasi Perhotelan (AP). Salah satu sekolah kejuruan yang membantu siswa yang berminat di bidang perhotelan dan pariwisata supaya menjadi tenaga terdidik, terlatih, dan siap untuk ke dunia kerja.
1.      Sejarah Grand Wahid Hotel Salatiga
Gambar1.1 Karyawan Grand Wahid Hotel Salatiga
Quality Hotel Wahid Salatiga adalah salah satu hotel bertaraf internasional serta termasuk dalam kategori bintang IV yang dahulu bekerjasama dengan Franchisor Chois hotel Indonesia.
Sesuai namanya, Quality Hotel Wahid Salatiga terletak di Salatiga tepatnya di Jl. Jendral Sudirman No.2 Salatiga, Jawa Tengah.Sebagai Owating Company PT. Grand Wahid dan pemilik / ownernya adalah Mr. Sugiarto Hasodo. Quality Hotel Wahid
Salatiga dibangun atas bekas bangunan gedung BHS Bank yang tepat berada di jantung kota Salatiga.
Quality Hotel Wahid Salatiga melakukan soft opening pada bulan Desember 2005 dan melakukan Grand Opening pada tanggal 27 Maret 2006. Sebagai salah satu hotel yanh pernah menggunakan brand Quality Choise yang merupakan Management Choise hotel Indonesia yang membawahi beberapa brand diantaranya Clarron, Comcom, Inn, serta Quality Hotel Franchisor Choise Hotel Indonesia didirikan di Jakarta, bulan Oktober 1990 oleh Mr. Karl Weatly dan Mr. Ron Muller, adapun hak pemasaran untuk semua produk/brand dari Choise hotel di Indonesia adalah PT. Quality Indah.
Namun, mulai bulan Oktober 2007, Choise Indonesia melepaskan diri dari Master Franchisor Choise Hospitality International dan berdiri sendiri dengan nama Choise Hotel Indonesia.
            Pada Mei-Juni 2008 PT. Grand Wahid memutuskan untuk mengelola operasional hotel dan keluar dari management choise hotel Indonesia. Serta efektif pada tanggal 1 Juli 2008 resmi berganti nama dari Quality Hotel Indonesia menjadi GRAND WAHID HOTEL SALATIGA.
Fasilitas Hotel
     Grand Wahid Hotel Salatiga memiliki beberapa fasilitas yang di tawarkan demi kepuasan tamu. Fasilitas tersebut diantaranya :
1.     103 kamar / rooms yang terdiri dari :
a.       Superior                       : 45 kamar
b.      Deluxe                         : 35 kamar
c.       Executive                    : 19 kamar
d.      Suite                            : 3 kamar
e.       President Suite            : 1 kamar

2.   Mezzanine
      Mezzanine / balkon lobby yang dapat difungsikan sebagai tempat bersantai dan menikmati hidangan ringan. Mezzanine berada tepat di atas lobby area di lantai 2, 3, dan 5.
3.   Wahid Family Karaoke
      Berada di basement area dan menyediakan 10 rooms dengan type:
a.       Small               : 2 ruangan
b.      Medium           : 3 ruangan
c.       Large               : 4 ruangan
d.      VVIP              : 1 ruangan
Jam buka mulai pukul 12.00 – 02.00 WIB
4.   Husodo Business Center
Melayani :
a.       Rental komputer
b.      Internet rental
c.       Typing atau pengetikan
d.      Photo graphy
e.       Sceaning rental
f.       Internet hot spot
5.   Drugstore
      Sebuah toko kecil yang menyadiakan rokok, snack atau makanan kecil dan obat-obatan ringan yang berada di lantai satu
6.   Packing Area
      Packing area terletak di depan hotel, belakang hotel dan basement area.
7.   Rawa Pening Health Club
a.       Fitness Center
Sebagai tempat kebugaran dan melayani berbagai treathment body feat dengan fasilitas alat-alat yang canggih serata intsruktur atau pelatih yang provisional. Buka mulai pukul 06.00-20.00 WIB dengan ketentuan fasilitas untuk tamu dikenakan biaya Rp. 20.000,-.
b.      Pool Area
Menyediakan tempat renang dengan air yang bersih dan pelayanan yang baik. Dilengkapi dengan :
-          Sauna
-          Whirl pool
-          Locker tamu
-          Rest room
c.       Mini Water Boom
Sebagai tempat hiburan keluarga dan dilengkapi dengan taman bermain dan aneka mainan anak-anak, buka dari jam 06.00 WIB – 20.00 WIB dengan tarif Rp. 20.000,- (dewasa) dan Rp. 15.000,- (anak-anak).
8.   Pepito Restaurant dan Taman Sari Lobby Lounge Bar
      Pepito restaurant terletak di lantai satu. Pepito restaurant menyediakan European, Japanese, Chinese, Indonesia food dan Tradisional. Pepito restaurant buka dari jam 06.00 WIB – 23.00 WIB serta melayani room service selama 24 jam.
      Taman Sari Lobby Lounge Bar terletek di lobby dan menjadi tempat yang menyajikan suasana nyaman untuk kesenggangan waktu pada saat tamu menunggu registrasi ataupun sekedar bersantai. Tersedia televisi 26 channels.

9.   Fasilitas Ruang Pertemuan atau Ballroom
a.       Wahid I
Terletak di lantai 1 digunakan untuk ruang meeting dan seminar
1.      Theatre                  : 180 orang
2.      Round                   : 100 orang
3.      Classroom             : 80 orang
4.      V-Shape                : 60 orang
5.      Area                      : 187,94 m2
b.      Wahid II
Terletak di lantai 1 digunakan untuk ruang meeting
1.      Theatre                  : 20 orang
2.      Round                   : 16 orang
3.      Classroom             : 20 orang
4.      V-Shape                : 16 orang
5.      Area                      : 87,24 m2
c.       Wahid III
Terletak di lantai 1 digunakan untuk ruang meeting
1.      Theatre                  : 20 orang
2.      Round                   : 16 orang
3.      Classroom             : 20 orang
4.      V-Shape                : 16 orang
5.      Area                      : 87,24 m2
d.      Wahid IV
Terletak di lantai 1 digunakan untuk ruang meeting
1.      Theatre                  : 60 orang
2.      Round                   : 48 orang
3.      Classroom             : 45 orang
4.      V-Shape                : 30 orang
5.      Area                      : 80,96 m2
e.       Wahid II – IV
Terletak di lantai 1 digunakan untuk ruang meeting
1.      Theatre                  : 120 orang
2.      Round                   : 96 orang
3.      Classroom             :60 orang
4.      V-Shape                : 48 orang
5.      Area                      : 120,5 m2
f.       Grand Wahid Ballroom
Terletek di lantai 1 digunakan untuk ruang meetting, seminar, dan party
1.      Theatre                  : 400 orang
2.      Round                   : 144 orang
3.      Classroom             : 168 orang
4.      V-Shape                : 120 orang
5.      Area                      : 300,5 m2
g.      Wahid V
Terletak di lantai 2 digunakan untuk ruang meeting
1.      Theatre                  : 120 orang
2.      Round                   : 72 orang
3.      Classroom             : 40 orang
4.      V-Shape                : 30 orang
5.      Area                      : 110 m2
10.  Fasilitas Laundry and Dry Cleaning Service
      Merupakan jasa pelayanan yang diberikan kepada tamu hotel.
Tamu hotel dapat  menggunakan setiap waktu selama tamu membutuhkan jasa tersebut, seperti washing, cleaning, dan pressing.

B.     Tujuan ON THE JOB TRAINING
Adapun tujuan penyusun untuk melakukan On The Job Training di Grand Wahid Hotel Salatiga adalah :
1.      Menerapkan teori dan praktek dari sekolah yang langsung akan dipraktekkan lebih lagi di dunia kerja.
2.      Menumbuh kembangakan sikap profesionalisme siswa sesuai dengan tuntutan lapangan keja.
3.      Agar dapat mengerti fungsi dan tanggung jawab masing-masing departemant.
4.      Agar dapat menerapkan ruang lingkup kerja dimasing-masing departemant.

C.    HASIL YANG DIHARAPKAN
Adapun hasil yang diharapkan dari melakukan On The Job Training di Grand Wahid Hotel Salatiga adalah :
1.      Ilmu kita akan dunia perhotelan akan bertambah.
2.      Kita mendapatkan bekal untuk mengahadapi dunia kerja di era globalisasi.
3.      Kita dapat bekerja sama sesuai prosedur dan peraturan.
4.      Meningkatkan, memperluaskan, dan memantapkan keterampilan serata etos kerja siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja.










BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.    PENGERTIAN HOTEL
Menurut Kamus Bahasa Indonesia, hotel sebagai bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan atau bentukakomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh layanan, penginapan , makandan minum.
Menurut Dirjen pariwista, hotel adalah suatau jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan, untuk menyediakan jasa penginapan, makan dan minum, serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial.
B.     PENGERTIAN HOUSEKEEPING
Menurut pengertian umum ( Djohan, T. M. 1993 ) Housekeeping adalah salah satu bagian yang ada di dalam hotel yang menangani hal-hal terkait dengan keindahan, kerapian, kebersihan , kelengkapan seluruh kamar juga area hotel umum lainnya agar seluruh tamu dan karyawan dapat merasa aman dan nyaman berada di dalam hotel.
Menurut Settzer Munavist, Housekeeping atau Tata Graha adalah salah satu bagian atau department yang ada di dalam hotel yang menangani hal-hal berkaitan dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh engambil likamar, juga area-area umum lainnya, agar seluruh tamu maupun karyawan dapat merasa nyaman dan aman berada di hotel. Selain itu Housekeeping department merupakan perencanaan, perawatan/pembersihan semua kamar tamu, ruang eroom, linen dan uniform rooms, halaman, taman, kolam renang dan ruang parkir
C.    PENGERTIAN DISIPLIN
( id. Wikipedia.org / wiki / disiplin ), disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.

D.    PENGERTIAN MOTIVASI
Menurut Merle J. Moskowits, motivasi adalah inisiasi dan pengarah tingkah laku, dan studi tentang motivasi adalah merupakan studi tentang ilmu tingkah laku manusia.
      Menurut American Encyclopedia, motivasi adalah predisposisi (kecenderungan) dalam diri individu yang membangkitkan dan mengarahkan tingkah lakunya. Motivasi mencakup kebutuhan biologis dan emosi yang hanya dapat ditemukan dari observasi tingkah laku.
Menurut Mulsaya, motivasi adalah tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu. Peserta didik akan bersungguh-sungguh karena memiliki motivasi yang tinggi. Seorang siswa akan belajar bila ada factor pendorong yang disebut motivasi

E.     PENGERTIAN PRODUKTIVITAS KERJA
Menurut Basu Swasta dan Ibnu Sukotjo (1995:281), produktivitas adalah sebuah konsep yang menggambarkan hubungan antara hasil (jumlah barang dan jasa) dengan sumber (jumlah tengga kerja, modal, tanah, energy, dan sebagainya) yang dipakai untuk menghasilkan hasil tersebut.
Menurut George J. washinis (Rusli Syarif, 1991:1), produktivitas mencangkup dua konsep dasar yaitu daya guna dan hasil guna. Daya guna menggambarkan tingkat sumber-sumber manusia, dana, dan alam yang diperlukan untuk mengusahakan hasil tertentu, sedangkan hasil guna menggambarkan akibat dan kualitas dari hasil yang diusahakan.
Menurut Mukiyat (1998:481), bahwa produktivitas kerja biasanya dinyatakan dengan suatu imbangan dari suatu hasil kerja dalam rata-rata dalam hubungannya dengan jam kerja rata-rata dari yang diberikan dengan proses tersebut.
Menurut Sondang P Siagian (1982:15), produktuvitas kerja adalah kemampuan memperoleh manfaat sebesar-besarnya dari sarana dan prasarana yang tersedia dengan menghasilkan output yang optimal, kalu mungkin yang maksimal.

BAB III
PELAKSANAAN KERJA

A.    Waktu Pelaksanaan.

Pendidikan Sistem Ganda ( PSG ) siswa-siswi SMK Negeri 1 Bawen tahun ajaran 2013-2014 dilaksanakan On The Job Training yang dimulai pada tanggal 15 Juli 2013 dan berakhir 15 Oktober 2012 siswa On The Job Training melaksanakan kegiatan di tentukan dengan 4 shift yaitu :

NO
SHIFT
TIME
1
Morning ( M )
08.00 – 16.00 WIB
2
Middle
10.00 – 18.00 WIB
3
Evening ( E )
15.00 – 23.00 WIB
4
Night ( N )
23.00 – 07.00 WIB


B.     Tempat dan Skala Produksi
            Dalam melaksanakan On The Job Training ( OJT ) yang bertempat di Grand  Wahid Hotel Salatiga  beralamat di Jalan Jendral Sudirman No. 2 Salatiga, Central Java-Indonesia. Phone 62-29832500 / Fax.62-29832501, E-MAIL : info @hotelwahidsalatiga.com.
Grand Wahaid Hotel Salatiga adalah sebuah hotel berbintang 4 dengan standar Internasional. Dengan nama baru, semangat baru dan logo baru dipastikan Grand Wahid Hotel Salatiga akan menjadi semakin baik dan semakin baik lagi, dimasa yang akan datang dan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan jaman, dengan motto “New Born, New Brand With New Spirit” diharapkan kedepanya hotel ini akan menjadi tempat nice ( meeting, incentive, convention, dan exhibition ) di Kota Salatiga.
C.    Sistem Pelaksanaan
      Sistem pelaksanaan On The Job Training ( OJT ) yang berlaku di Grand Wahid Hotel Salatiga yaitu harus datang tepat waktu dan pulang pada waktu yang telah ditentukan. Selalu membersihkan tempat dan alat-alat sebelum dan sesudah bekerja sesuai dengan aspek keselamatan kerja, pada tiap kegiatan di bimbing agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar. Hosekeeping adalah salah satu department yang berda dihotel. Selama tiga bulan On The Job Training ( OJT ) setiap hari dilaksanakan rouling yaitu dibagian room, public area, laundry, gardener, pool tiket.
D.    Prosedur / Skema Proses Produksi ( Skala Produksi )
Proses penerimaan tugas dibagian room attandent dapat dijabarkan bahwa :
1.      Seorang housekeeping supervisor mengecek room status data pada tanggal suatu hari, serta mendapatkan pemberitahuan acara yang ada di hotel pada hari itu ataupun dekat-dekat hari yang akan datang melalui Barquet Event Order ataupun agar mengetahui kamar-kamar mana saja yang akan disetting triple maupun quartet sesual ketentuan dan bagian front office.
2.      Housekeeping supervisor akan memberi pengarah atau intruksi kepada room attendant daftar-daftar kamar yang pada hari itu check out maupun stay. Housekeeping supervisor juga akan membacakan tamu group dan system set-uppan kamarnya.
3.      Room attendant akan melakukan pembersihan kamar-kamar yang tertulis di room attendant daily report sesuai dengan satatus kamar yang tertera. Tidak lupa setiap selesai mengerjakan kamar, seorang room attendant harus mengisi room attendant control shet dengan tertib.
4.      Setelah kamar sudah dibersihkan segera ubah status kamar di dalam room attendant daily report dari dirty menjadi clean dan mematikan tanda “please make up room” agar segera diperiksa oleh housekeeping supervisor.
5.      Setelah kamar tersebut melewati pengecekan dari housekeeping supervisor dan sudah dinyatakan dapat dijual kembali, kemudian housekeeping supervisor akan menginfokan status kamar terbaru kepada front office agar kamar dapat dijual kembali.







BAB IV
PEMBAHASAN

A.  DASAR TEORI
       Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.
Motivasi adalah inisiasi dan pengarah tingkah laku, dan studi tentang motivasi adalah merupakan studi tentang ilmu tingkah laku manusia.
Produktivitas kerja adalah sebuah konsep yang menggambarkan hubungan antara hasil (jumlah barang dan jasa) dengan sumber (jumlah tengga kerja, modal, tanah, energy, dan sebagainya) yang dipakai untuk menghasilkan hasil tersebut.
B.PROSES PELAKSANAAN                                        
       Sistem Pelaksanaan On Job Training di Grand Wahid Hotel Salatiga berjalan lancar sebagaimana mestinya. Terjalin rasa kekeluargaan yang harmonis antar karyawan maupun siswa Trainee di Grand Wahid Hotel Salatiga. Namun tetap yang paling utama menjunjung tinggi Kejujuran terhadap kolega. Selain itu harus disiplin datang, dan menaati peraturan yang ada dan sudah ditetapkan di Grand Wahid Hotel Salatiga.
Di Housekeeping Departement                    : 15 JULI 2013 15 OKTOBER 2013








 Prosedur
Alat dan bahan
Terdapat alat dan bahan seperti berikut :
1.      Room
a.       Alat-alat yang digunakan saat membersihkan kamar
-          Trolley
-          Vacuum cleaner
-          Dust cloth
-          Towel OO
-          Pad
-          Skuitzer
-          Sponge
-          Hand brush
b.      Bahan pembersih yang digunakan saat membersihkan kamar
-             Multi Purpose Cleaner (MPC) : untuk membersihkan wash tafel, toilet bowl, bath tup.
-          Glass Cleaner : untuk membersihkan bercak-bercak atau noda-noda yang menempel di kaca
-          Emerel Cream Cleancer : untuk membersihkan bercak-bercak atau noda- noda yang berbahan stanlees steal
-          Super Pel : untuk mengepel atau membersihkan lantai
2.      Public Area
a.       Alat-alat yang digunakan oleh seorang Houseman (petugas public area)
-          Broom
-          Dust pan
-          Mop
-          Lobby duster
-          Skuitzer
-          Canebo
-          Sponge
-          Dust cloth
-          Double bucket
-          Toilet bowl brush
-          Wet caution
-          Cary cady
-          Vacuum
-          Cleaning cloth
-          Buffing
-          Pad
-          Hand brush
-          Plastik sampah
b.      Bahan pembersih yang digunakan public area
-          Multi Purpose Cleaner (MPC)
-          Glass cleaner
-          Shine up
-          Emerel
-          D7 Summa Inox
-          M.A.A.
-          Wax strip
-          Rugbee shampo
-          Porstex
-          B29
3.      Laundry
a.       Alat-alat yang digunakan di laundry
-          Mesin pencuci (washing)
-          Mesin pengering (tumbler)
-          Mangler
-          Pressing
-          Setrika
b.      Bahan-bahan yang digunakan di laundry
-          Launtex      : deterjen yang higienis untuk mencuci guest laundry
-          Soft W        : pewangi
-          Kanji toch  : pengaku kain
-          Action          : pengankat minyak dan lemak
-          Sentry           : penetral (dapat menghilangkan noda karet)
-          Avenger        : deterjen yang mempunyai alkali yang kuat untuk
                        mengangkat noda 
-          Ozonia          : pencerah warna pakaian
-          Safe way       : pemutih
-          Pionear          : anti bakteri

-          Search           :deterjen yang mempunyai alkali sedang
1.      Gardener
Alat yang digunakan di gardener
-          Broom
-          Sabit
-          Duspan
-          Gunting
-          Bucket
-          Gayung
























C.Sketsa /Bagan

MANAGEMENT STRUCTURE
GRAND WAHID HOTEL SALATIGA
HOUSEKEEPING SUPEVISOR
 
HOUSEKEEPING DEPARTEMENT



 


_._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._._














PUBLIC AREA
 

ROOM ATTANDANT
 


LAUNDRY
 

ORDER TAKER
 

HEALTH CLUB DAN  GARDENER
 





DAILY WOEKER/TRAINEE
 

 



                                           


Keterangan :
                       : garis komando
                       : garis koordinasi
                       Garis komando berfungsi sebagai arah alur kerja dimana jabatan yang lebih tinggi berhak memberikan tugas sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh seseorang yang mempunyai jabatan dibawahnya sesuai dengan alur kerja yang ditentukan.
                       Garis koordinasi dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa semua pihak tidak dapat bekerja seorang diri demi terlaksananya sebuah tugas serta menghasilkan sesuatu yang optimis maka koordinasi antar semua pihak harus berjalan baik.



D.Faktor pendukung
a.       Tersedianya sumber daya manusia
b.      Pemberian disiplin dan motivasi terhadap produktivitas kerja
c.       Tersedianya alat pendukung dan pelindung kerja
d.      Tersedianya telephon disetiap pantry
e.       Tersedianya lift karyawan yang menjadi sarana untuk membawa trolley maupun barang-barang hingga kelantai ( 1, 2,  3, 5, 6 )
f.       Tersedianya mesin-mesin modern didepartemant laundry
g.      Adanya bahan dan serta peralatan pembersih yang sesuai prosedur
h.      Adanya lubang linen disetiap pantry lantai yang tertuju di laundry

D.    Faktor Penghambat
a.       Sasaran disiplin dan motivasi kurang mengenai objek
b.      Penyewaan barang di Healt Club kurang memadai
c.       Administrasi laundry masih manual
d.     Pengguanaan barang dan peralatan kurang diperhatikan













BAB V
PENUTUP

A . KESIMPULAN
Berdasarkan hasil pembahasan tentang meningkatkan kinerja seorang Room Attandent di  Housekeeping Departemand,maka dapat disimpulkan sebagai berikut
  1. Semakin tinggi ke disiplinan dan motivasi, maka semakin tinggi pula kepuasan kerja sumber daya manusia.
  2. Pelaksanaan On The Job Training berjalan lancer.
  3. Pembagian tugas dan uraian tugas di sesuaikan dengan kopetensi yang di miliki.
  4. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa bisnis di bidang perhotelan cukup menjanjikan.
  5. Faktor pendukung menjadi bagian yang ikut menentukan berhasil atau tidaknya bisnis di bidang petrhotelan.
B.SARAN
  1. Lebih meningkatkan ke disiplinan dan motivasi lagi dalam bekerja agar kepuasan kerja semakin tinggi.
  2. Pelaksanaan On The Job Training lebih ditingkatkan.
  3. Perlu adanya pembagian tugas dan uraian tugas yang jelas terhadap karyawan.
  4. Layak untuk di usahakan karena menguntungkan.
  5. Perlu adanya program kolaborasi terhadap factor pendukung yang satu dengan yang lainya.         










Daftar Pustaka

1.      www.gogle.com.2013





























 



















Lampiran 2.  Jurnal Kegiatan On The Job Training
NO
Hari / Tanggal
Jam Kerja
Kompetensi/sub kompetensi
Uraian Kegiatan
Jumlah jam
1.
Senin, 15 Juli 2013
07.00-16.00
Room Attendant / Room Maid
Briefing
Pembekalan training
Showing room and section in hotel Grand Wahid Salatiga
Striping linen
Making bed
Dusting
Completing condiment
Vacum cleaner
8 jam
2.
Selasa, 16 Juli 2013
Day off
Day off
Day off
Day off
3.
Rabu, 17 Juli 2013

15.00-21.00
Room Attendant / Room Maid
General cleaning bathroom
Striping linen
Making bed
Dusting
Completing condiment
Set up guest ammenities
8 jam
4.
Kamis, 18 Juli 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Striping linen
Making bed
Dusting
Completing condiment
Vacuum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
5.
Jum’at, 19 Juli 2013

07.00-16.00
Room Attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Striping linen
Making bed
Dusting
Completing condiment
Vacuum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah

6.
Sabtu, 20 Juli 2013

07.00-16.00
Room Attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Striping linen
Making bed
Dusting
Completing condiment
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
7.
Minggu, 21 Juli 2013

07.00-16.00
Public Area




Briefing
Dusting
Sweeping
Vacuum cleaner
Brushing
Buang sampah
8 jam
8.
Senin, 22  Juli 2013

Day off
Day off
Day off
Day off
9.
Selasa, 23  Juli 2013

15.00-23.00
Pool
Sweeping
Ticket attandent
Folding towel pool &towel fitnes
Set up guest ammanities
8 jam
10.
Rabu, 24  Juli 2013

07.00-16.00
Pool
Briefing
Sweeping
Dusting
Vacum cleaner
Ticket attandent
Folding towel pool &towel fitne
8 jam
11.
Kamis, 25 Juli 2013

07.00-16.00
Room Attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Striping linen
Making bed
Dusting
Completing condiment
Vacum cleaner
Bongkar trolley (ammanities, condiment)
Buang sampah
8 jam
12.
Jum’at, 26 Juli 2013
07.00-16.00
Room Attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Striping linen
Making bed
Dusting
Completing condiment
Vacum cleaner
Bongkar trolley (ammanities, condiment
Buang sampah
8 jam
13.
Sabtu, 27  Juli 2013

07.00-16.00
Public Area
Briefing
Dusting
Vacum cleaner
Sweeping
Buang sampah
8 jam
14.
Minggu, 28 Juli 2013

Day off
Day off
Day off
Day off
15.
Senin, 29  Juli 2013

15.00-23.00
Room attendant / Room Maid
General cleaning bahtroom
Striping the bed
Making bed
Dusting
Vacum cleaner
Set up linen
Set up guest ammanities
8 jam
16.
Selasa, 30  Juli 2013

07.00-16.00

Gardener
Briefing
Clear up flower from metting room
Sweeping
Buang sampah
8 jam
17.
Rabu, 31  Juli 2013

07.00-16.00

Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Striping linen
Making bed
Dusting
Completing condiment
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
18.
Kamis, 1 Agustus 2013
07.00-16.00

Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Striping linen
Making bed
Dusting
Completing condiment
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
19.
Jum’at, 2 Agustus 2013

07.00-16.00

Extra Order
Briefing
Brashing wall
Buang sampah
8 jam
20.
Sabtu, 3 Agustus 2013

Day off
Day off
Day off
Day off
21.
Minggu, 4 Agustus 2013

15.00-23.00
Public Area
Dusting
Sweeping
Set up guest ammanities
8 jam
22.
Senin, 5 Agustus 201

07.00-16.00
Gardener
Briefing
Sweeping
Watering plant
To drawing grass
Buang sampah
8 jam
23.
Selasa, 5 Agustus 2013

07.00-16.00
Gardener
Briefing
Sweeping
Set up flower from meeting room
Watering plant
To drawing grass
Buang sampah
8 jam
24.
Rabu, 6 Agustus 2012
07.00-16.00
Pool
Briefing
Sweeping
Mopping
Ticket attandent
Folding towel pool & towel fitnes

8 jam
25.
Kamis, 8 Agustus 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Striping linen
Making bed
Dusting
Completing condiment
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
26.
Jum’at, 9 Agustus 2013

Day off
Day off
Day off
Day off
27.
Sabtu, 10 Agustus 2013

15.00-23.00
Pool
Ticket attandent
Mopping
Folding towel pool & towel fitnes
Set up guest ammanities
8 jam
28.
Minggu, 11 Agustus 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Striping linen
Making bed
Dusting
Completing condiment
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
29.
Senin, 12 Agustus 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Striping linen
Making bed
Dusting
Completing condiment
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
30.
Selasa, 13 Agustus 2013
07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Striping linen
Making bed
Dusting
Completing condiment
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
31.
Rabu, 14 Agustus 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
32.
Kamis, 15 Agustus 2013

Day off
Day off
Day off
Day off
33.
Jum’at, 16 Agustus 2013

15.00-23.00
Pool
Ticket attandent
Mopping
Folding towel pool & towel fitnes
Set up guest ammanities
8 jam
34.
Sabtu, 17 Agustus 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
35.
Minggu, 18 Agustus 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Striping linen
Making bed
Dusting
Completing condiment
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
 36.
Senin, 19 Agustus 2013
07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
37.
Selasa, 20 Agustus 2013

07.00-16.00
Loundry
Briefing
Sweeping
Dusting
Folding towel
Striping
Folding linen
8 jam
38.
Rabu, 21 Agustus 2013

Day off
Day off
Day off
Day off
39.
Kamis, 22 Agustus 2013

15.00-23.00
Room attendant / Room Maid
Striping linen
Making bed
Dusting
Mopping
Set up linen & ammanities
8 jam
40.
Jum’at, 23 Agustus 2013

07.00-16.00

Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
41.
Sabtu, 24 Agustus 2013

07.00-16.00

Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
42.
Minggu, 25 Agustus 2013
07.00-16.00

Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
43.
Senin, 26 Agustus 2013
07.00-16.00

Loundry
Briefing
Sweeping
Dusting
Striping
Folding towel &linen
8 jam
44.
Selasa, 27 Agustus 2013
Day off
Day off
Day off
Day off
45.
Rabu, 28 Agustus 2013
07.00-16.00

Loundry
Briefing
Sweeping
Dusting
Striping
Folding towel &linen
8 jam
46.
Kamis, 29 Agustus 2013
07.00-16.00

Loundry
Briefing
Sweeping
Dusting
Striping
Folding towel &linen
8 jam
47.
Jum’at, 30 Agustus 2013
07.00-16.00

Loundry
Briefing
Sweeping
Dusting
Striping
Folding towel &linen
8 jam
  48.
Sabtu, 31 Agustus 2013
07.00-16.00

Loundry
Briefing
Sweeping
Dusting
Striping
Folding towel &linen
8 jam
49.
Minggu, 1 September 2013

07.00-16.00

Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
50.
Senin, 2 September 2013
Day off
Day off
Day off
Day off
51.
Selasa, 3 September 2013
Izin
Izin
Izin
Izin
52.
Rabu, 4 September 2013
07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
53.
Kamis, 5 September 2013
07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
54.
Jum’at, 6 September 2013
07.00-16.00
Public Area
Briefing
Sweeping
Vacum cleaner
Dusting
Buang sampah
8 jam
55.
Sabtu, 7 September 2013
07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
56.
Minggu, 8 September 2013
Day off
Day off
Day off
Day off
57.
Senin, 9 September 2013
15.00-23.00
Pool
Sweeping
Folding towe pool & towel fitnes
Ticket attandent
Mopping
Buang sampah
8 jam
58.
Selasa, 10 September 2013
07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
59.
Rabu, 11 September 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
  60.
Kamis, 12 September 2013
07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
61.
Jum’at, 13 September 2013
07.00-16.00
Pool
Briefing
Sweeping
Folding towe pool & towel fitnes
Ticket attandent
Mopping
Buang sampah
8 jam
62.
Sabtu, 14 September 2013
Day off
Day off
Day off
Day off
63.
Minggu, 15 September 2013
Izin
Izin
Izin
Izin
64.
Senin, 16 September 2013
07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
65.
Selasa, 17 September 2013
07.00-16.00
Gardener
Briefing
Sweeping
Watering plant
To drawing grass
Buang sampah
8 jam
66.
Rabu, 18 September 2013
07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
67.
Kamis, 19 September 2013
07.00-16.00
Public Area
Briefing
Sweeping
Check restroom
Vacum cleaner
Dusting
Buang sampah
8 jam
68.
Jum’at, 20 September 2013
Day off
Day off
Day off
Day off
69.
Sabtu, 21 September 2013
15.00-23.00
Room attendant / Room Maid
Striping linen
Making bed
Dusting
Set up guest ammanities
Mopping
Set up linen & set uo trolley
8 jam
70.
Minggu, 22 September 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
71.
Senin, 23 September 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
  72.
Selasa, 24 September 2013
07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
73.
Rabu, 25 September 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
74.
Kamis, 26 September 2013

Day off
Day off
Day off
Day off
75.
Jum’at, 27 September 2013
15.00-23.00
Public Area
Sweeping
Vacum
Mopping
Check restroom
8 jam
76.
Sabtu, 28 September 2013
07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
77.
Minggu, 29 September 2013
07.00-1600
Loundry
Dusting
Sweeping
Brieving
Striping linen
Folding towel & linen
8 jam
78.
Senin, 30 September 2013
07.00-1600
Extra Order
Briefing
G.C bathroom
Set up ammanities for extra bed
Making bed
Completing ammanities
8 jam
79.
Selasa, 1 Oktober 2013

07.00-1600
Pool
Briefing
Sweeping
Folding towe pool & towel fitnes
Ticket attandent
Mopping
Buang sampah
8 jam
80.
Rabu, 2 Oktober 2013

Day off
Day off
Day off
Day off
81.
Kamis, 3 Oktober 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
82.
Jum’at, 4 Oktober 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
83.
Sabtu, 5 Oktober 2013
07.00-16.00
Publick Area
Briefing
Sweeping
Vacum
Mopping
Check restroom
Buang sampah
8 jam
 84.
Minggu, 6 Oktober 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
85.
Senin, 7 Oktober 2013
07.00-16.00
Publick Area
Briefing
Sweeping
Dusting
Vacum
Mopping
Bhrasing patung
Check restroom
Buang sampah
8 jam
86.
Selasa, 8 Oktober 2013

Day off
Day off
Day off
Day off
87.
Rabu, 9 Oktober 2013
07.00-16.00
Pool
Briefing
Sweeping
Mopping
Dusting
Folding towel pool & fitnes

88.
Kamis, 10 Oktober 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
89.
Jum’at, 11 Oktober 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
90.
Sabtu, 12 Oktober 2013
Day off
Day off
Day off
Day off
91.
Minggu, 13 Oktober 2013
07.00-16.00
Extra Order
Briefing
Tac in extra bed
Striping linen
Making bed
8 jam
92.
Senin, 14 Oktober 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam

93.
Selasa, 15 Oktober 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam
94.
Rabu, 16 Oktober 2013
07.00-16.00
Extra Order
Brieving
G.C bathroom
Mopping

8 jam
95.
Kamis, 17 Oktober 2013

07.00-16.00
Room attendant / Room Maid
Set up trolley
Briefing
Washing tambler glass & tea cup
Pouring MPC to mirror, wastafle, toilet bowl, bath tube
Striping linen
Making bed
Dusting
Cleaning bath room & mopping
Completing condiment guest supplies,ammanities
Vacum cleaner
Bongkar trolley (amenities, condiment)
Buang sampah
8 jam




Jumlah
616 jam














Glosarium

Dusting                                               : membersihkan sesuatu menggunakan dush cloth
Clear up                                               : membereskan barang-barang setelah digunakan
Handle                                                            : menangani sesuatu
Set up                                                  : menata ulang peralatan
Prepare                                                : menyiapkan sesuatu
Laundry                                              : Tempat pencucian semua jenis kain yang ada dihotel
Front Office                                        : kantor depan
Pepito                                                  : nama restaurant di Grand Wahid Hotel Salatiga
Rawa Pening Pool Side Bar                : nama kolam renang di Grand Wahid Hotel Salatiga
Packing                                               : menata sesuatu ke dalam plastik atau kardus