Selasa, 31 Maret 2015

LAPORAN OBSERVASI USAHA



LAPORAN OBSERVASI USAHA
“DALAM RANGKA MENDAPATKAN KETERAMPILAN USAHA BERBASIS LOKAL”
[SEBAGAI PENUGASAN LIBUR TAHUN BARU]
MAGISTRA UTAMA SEMARANG
ANGKATAN XIX TAHUN 2014/2015

A.      Data Peserta      :
Nama Peserta   : Adi Sulistyo
B.      Data Perusahaan yang Dijadikan Tempat untuk Observasi Usaha               :
Nama Usaha      : Mie Ayam & Bakso Ayam Pak Slamet
Alamat                  : Tarukan , Candi  1/4 Bandungan
Tanggal Berdiri  : 11 april 2011
Jumlah Pegawai                                : -
Jumlah cabang                  :-
Jam Buka-Tutup                               :13.00-22.00
C.      Laporan Hasil Observasi Usaha   :
1.       Gambaran Tentang Ruang Lingkup Aktifitas Usaha
Industri  bakso ayam ini didirikan oleh bapak slamet  dan keluarga tiga tahun yang lalu, tepatnya tahun 2011. Lokasi usaha  bertempat di desa tarukan Rt 01/Rw 04, Kecamatan bandungan, Kabupaten Semarang.
Pada mulanya, pemilik mendapatkan ide kreatif bakso ayam dari hasil coba-coba. Awalnya, pak slamet adalah seorang penjual mie ayam dan mencoba inovasi baru yaitu membuat bakso dengan bahan dasar ayam. Setelah merasa hasil uji cobanya berhasil, dia berusaha mengembangkan usaha dengan membuat bakso ayam dalam jumlah besar dan hasilnya, bakso ayam tersebut sangat diminati konsumen.
Anemo masyarakat cukup besar dengan hadirnya bakso ayam ini. Selain karena rasanya yang tidak kalah enak dengan bakso sapi, harganya pun bisa ditekan. Jika satu porsi bakso sapi dijual dengan harga sekitar Rp 8.000,00, maka dengan harga Rp 6.500,00 saja, kita sudah bisa mendapatkan satu porsi bakso ayam yang isinya 5 biji per porsi. Hal tersebut disebabkan oleh mahalnya harga daging sapi jika dibandingkan dengan daging ayam.
2.       Langkah Dalam Pembuatan / Proses Produksi
Untuk mi basah , mi di beli di pasar , kemudian masak ayam dengan cara di potong potong kemudian di rebus atau di masak dengan bumbu-bumbu Yang sudah siap. Kemudian rebus mie dan kuahnya beserta sawi . selagi menunggu bumbu siapkan mangkok dan kasih bumbu lainya. Setelah mi dan sayur masak , sajikan mi di mangkok dan kasih kuah sedikit , setelah itu di atasnya kasih ayam yang tadi sudah di masak, mie ayam siap di sajikan.
3.       Analisa Keuangan
Modal berasal dari hasil pinjaman , biaya produksi Rp. 500.000,00
4.       Succes Story dalam Pendirian Usaha
Dulu pernah berjualan mie ayam keliling , karena cuaca yang berubah ubah sehingga pak slamet tidak bisa terus berjualan , maka ia berinisiatif untuk mendirikan warung





5.       Dokumentasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar